Silahkan Masuk

Balap Perahu Naga

Sungai Batanghari merupakan salah satu objek wisata andalan pemerintah Jambi untuk mendatangkan para wisatawan dari luar daerah. Sungai ini memiliki potensi wisata yang cukup banyak, terutama yang berhubungan dengan wisata olah raga sungai, seperti lomba perahu naga dan perahu tradisional.

Untuk itu, pemerintah Provinsi Jambi mengadakan lomba perahu naga dan perahu tradisional sebanyak 3 kali dalam satu tahun sebagai agenda rutin dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Jambi yang jatuh pada bulan Mei, HUT Provinsi Jambi yang jatuh pada bulan Januari dan HUT RI yang jatuh pada bulan Agustus.

Salah satu tujuan pelaksanaan lomba perahu naga dan perahu tradisional ini adalah untuk menjaring atlet-atlet yang akan diterjunkan pada event-event lomba tingkat nasional maupun internasional.

Sungai Batanghari sebagai tempat lomba perahu naga dan perahu tradisional, memiliki sisi yang lebar, lajur yang datar, air yang tenang dan kedalaman beberapa meter. Hal tersebut memberi kenyamanan, keleluasaan sekaligus tantangan bagi seluruh peserta dalam memacu perahu.

Untuk lomba perahu naga dan perahu tradisional, para peserta bisa mengikuti beberapa variasi lomba yang dipertandingkan. Jenis perlombaan yang dipertandingkan di Sungai Batanghari Jambi meliputi beberapa ketegori, seperti: lomba perahu tradisional tipe A, lomba perahu tradisional tipe B dan lomba perahu naga. Sedangkan jarak yang dipertandingkan meliputi: 250 m, 500 m dan 1000 m.

Lokasi dan Waktu Pelaksanaan

Lomba perahu naga dan perahu tradisional diadakan di Sungai Batanghari, dengan start dimulai dari Taman Talago Rajo yang berada di Kecamatan Pasar Jambi, Kota Jambi, Provinsi Jambi, Indonesia.

Adapun waktu pelaksanaannya 3 kali dalam setahun, yaitu: pada bulan Mei yang bertepatan dengan HUT Kota Jambi; bulan Januari yang bertepatan dengan HUT Provinsi Jambi dan pada bulan Agustus yang bertepatan dengan HUT RI.

Akses

Lomba perahu naga dan perahu tradisional yang diadakan di Sungai Batanghari persis berada di pusat Kota Jambi. Bagi para wisatawan yang datang dari luar Kota Jambi dapat dengan mudah mencapai lokasi dengan menggunakan angkutan umum, mobil sewaan atau mobil pribadi dengan waktu tempuh sekitar 30 menit dari Bandara Sulthan Thaha Syaifuddin.

Lihat Tulisan Lainnya...!!



0 komentar:

BERIKAN KOMENTAR ANDA