Silahkan Masuk

Kehidupan Sosial & Budaya Masyarakat Jambi

Kebudayaan Jambi yang telah berurat berakar sangat dipengaruhi oleh Budaya Melayu yang bernafaskan Islam. Kebudayaan tersebut masih kuat bersandar berlindung pada adat istiadatnya dan belum banyak dikenal orang. Kebudayaan Jambi yang tersebar di 6 Daerah Tingkat II tersebut seolah-olah masih menyimpan misteri yang belum muncul ke permukaan bumi. Segudang keunikan masih tertimbun, tersimpan rapi dan aman walaupun mungkin telah ada yang mencoba menjamahnya, bak putri yang jinak-jinak merpati, seolah-olah mudah ditangkap kenyataannya sentuhan halus saja yang diperoleh.

Beragam bentuk kesenian daerah muncul mewakili identitas murni budaya Jambi yang dipengaruhi budaya Melayu yang terdapat hampir diseluruh daratan Sumatera terutama di sepanjang pesisir timur. Keanekaragaman bentuk kesenian daerah tersebut justru lebih memperkaya bentuk-bentuk penyajian pertunjukan seni budaya yang unik dan menarik.

Berpijak dari dasar tersebut diatas, Pemda Tingkat I Jambi berusaha terus untuk mengangkat ke permukaan dan memperkenalkan kepada masyarakat luas dan tamu-tamu asing dengan harapan agar budaya Jambi tetap eksis dan dikenal orang sebagai bagian dari budaya bangsa Indonesia.

Kehidupan masyarakat Jambi dipandang dari segi sosial budaya adalah Adat Bersendikan Syara’, Syara’ Bersendikan Kitabullah.

Masyarakat Daerah Jambi adalah masyarakat yang heterogen, dimana terbilang dan tercacak disitu tanam tumbuh, dimana bumi dipijak, disana langit dijunjung, dimana larasnya dicencang, disitu airnya diminum, tidak membawa cupak dengan gantang.

Secara struktur pemerintahan dahulunya Daerah Jambi ini terbagi atas :

Daerah Bangsa Nana Dua Belas;
Daerah Nan Berbatin;
Luak Nan Berpenghulu dengan jenjang-jenjang nan berajo, rantau nana berjenang, loak berpenghulu, kampung nan betuo, rumah nan bertengganai.
Dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Jambi terkenal dengan kegotong royongan dan keterbukaan yang dikenal dengan istilah Berat Samo Dipikul, Ringan Samo Dijinjing. Pada lazimnya memutuskan sesuatu pekerjaan kerjasama, dimusyawarahkan, bulat aek dek pembuluh bulat kato dimukat

Lihat Tulisan Lainnya...!!



1 komentar:

aril said...

ayo jambi kamu bisa hehe

BERIKAN KOMENTAR ANDA